Setiap tahunnya, selain pengajaran dan penelitian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di dua sekolah tingkat menengah. Pengabdian Kepada Masyarakat ini, berlangsung selama dua hari, yakni pada hari Selasa-Rabu, 17 – 18 November 2020.

Secara formal, dalam Kegiatan ini, dibuka oleh dekan FKIP UMMA, Hikmah Rusdi, S.Pd.,M.Pd. dengan tema “Optimalisasi Google Classroom dalam Pembelajaran”. Sesuai dengan sasarannya, maka kegiatan ini telah mengundang beberapa guru sebagai bagian dari kerjasama yang telah dilakukan, khususnya dalam bidang pendidikan yakni  MA Darussalam Maros dan SMA Negeri 20 Pangkep.

Peserta yang hadir sebanyak 25 guru yang terdiri dari beberapa guru bidang studi, jumlah kepesertaan terbatas, mengingat suasana pandemi dan panitia pelaksana telah menyertakan aturan protokol kesehatan sebelum kegiatan berlangsung sesuai dengan anjuran Pemerintah.

Untuk hari pertama, Ketua Panitia adalah Ibu Warda Murti, S.Pd.,M.Pd sekaligus dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kegiatan kerjasama kita bersama pihak sekolah yaitu MA Darussalam Maros, lanjut pada hari kedua di sekolah yang berbeda oleh ketua panitia Ibu Fitriani Kadir, S.Pd.,M.Pd. juga menyampaikan bahwa “tujuan daripada kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi, khususnya dalam pembelajaran jarak jauh”.

Dalam kesempatannya, Hikmah Rusdi juga menjelaskan bahwa “kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk implementasi dari tridharma perguruan tinggi dibawah naungan Fakultas, yakni Program Studi Pendidikan Matematika yang juga merupakan program studi yang telah mendapatkan bantuan dana Pembelajaran Jarak Jauh dan tentunya ini merupakan sharing session bersama mitra kerjasama dalam mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh, seperti pemanfaatkan google suite for education. Lebih lanjut dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa bukan hanya google classroom yang dapat digunakan, namun masih ada lagi berbagai aplikasi  didalamnya.

Lebih lanjut, Hikmah Rusdi yang juga mahasiswa S3 PPs UNM Makassar ini, berharap bahwa ke depannya  untuk kegiatan seperti ini lebih bisa dioptimalkan lagi dan tetap menjalankan kegiatan kerjasama sebagai sebuah komitmen dalam memajukan pendidikan yang ada khususnya di Kabupaten Maros dan Pangkep. Tuturnya.

1 Comment

  • Nirfayanti

    Semoga kegiatan positif seperti ini bisa dilakukan di sekolah2 tiap semester dan mendapat support dari semua pihak demi Universitas Muslim Maros khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *