PEMBEKALAN KEMAHIRAN MENGAJAR APLIKASI LAPANGAN (KEMAL) FKIP UMMA TAHUN 2022

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa KEMAL Tahun 2022. Kegiatan pembekalan Kemahiran Mengajar Aplikasi Lapangan (KEMAL) dilaksanakan secara secara virtual melalui room zoom. KEMAL merupakan salah satu kewajiban mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros sebelum menyandang gelar Sarjana Pendidikan, dimana mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan teori yang telah didapat di bangku kuliah melalui pelaksanaan KEMAL.

Ketua Panitia (Fitriani Kadir, S.Pd., M.Pd) bersama tim (Aryanti, S.Pd.,M.Hum.) mengangkat tema “Temu Berbagi, Ilmu Abadi”

Fitriani Kadir, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia melaporkan bahwa “peserta KEMAL tahun ini sebanyak 66 orang mahasiswa dan akan berlangsung kurang lebih 2 bulan yang tersebar di SMA dan MA di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Dekan FKIP UMMA (Fitrawahyudi, S.Pd., M.Hum), Wakil Dekan I (Syamsuriana Basri, S.Pd.,M.Pd.) dan Wakil Dekan II Novalia Tanasy, S.Pd., M.Pd., M.Si) sekaligus menjadi pemateri serta dihadiri pula oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KEMAL.
Pembekalan diberikan kepada mahasiswa KEMAL dan DPL secara berbeda melalui zoom yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2022. Materi I mengenai Penjelasan Program Kemahiran Mengajar Aplikasi Lapangan (KEMAL) Tahun 2022 yang dibawakan oleh Syamsuriana Basri mengenai tujuan, teknik, tata cara pelaksanaan serta luaran KEMAL sekaligus mensosialisasi panduan KEMAL 2022 terbaru kepada mahasiswa KEMAL dan DPL. Sedangkan pada materi ke-2 mengenai Etika dalam Program Kemal (wilayah kampus dan luar kampus) yang dibawakan Novalia Tanasy kepada mahasiswa KEMAL serta materi terakhir dengan judul Transformasi Digital Pendidikan; Penguatan Program Literasi Digital dibawakan oleh Fitrawahyudi.

Pelaksanaan kegiatan KEMAL ini bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembngkan diri secara nyata di masyarakat. Pada program kemal tahun ini dikemas lebih variatif dan berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan KEMAL ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya melaksanakan kegiatan pengajaran di kelas saja, namun juga mengaktualisasikan pengetahuan yang telah diperoleh pada proses perkuliahan dengan melakukan pra riset melalui survei sekolah sehingga mahasiswa sudah berlatih menganalisis permasalahan di dunia nyata kemudian memecahkan permasalahan yang diperoleh melalui penerapan strategi pembelajaran, media pembelajaran atau pengembangan bahan ajar, dll kemudian menuangkan dalam bentuk laporan baik secara kuantitatif maupun kulitatif dalam wujud laporan mingguan (laporan kualitatif) serta laporan akhir, hal ini merupakan studi pendahuluan bagi mahasiswa dalam menyusun tugas akhir (skripsi). Selanjutnya mahasiswa juga diharapkan mampu berpikir kreatif dan inovatif mengenai kebutuhan warga sekolah yang mengacu pada kegiatan yang memberikan peningkatan kecerdasan, keterampilan, dan pengetahuan terhadap warga sekolah melalui penerapan hasil pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam bentuk kegiatan Pengabdian kepada Mayarakat (PkM) agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan professional serta dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan IPTEKS.

Pelaksanaan KEMAL dilaksanakan pada 10 sekolah yang tersebar di wilayah Kabupaten Maros dan Pangkep dimana mahasiswa didampingi oleh satu dosen pembimbing disetiap sekolah. Tugas DPL bertanggung jawab mengarahkan, membimbing, dan melakukan evaluasi pelaksanaan program KEMAL pada sekolah penempatan serta melaporkan perkembangan kegiatan mahasiswa setiap akhir bulan dan melakukan sharing session bersama mahasiswa bimbingan masing”. DPL yang bertugas membimbing mahasiswa pada pelaksanaan KEMAL tahun 2022 berasal dari dosen FKIP UMMA dari lima Prodi diantaranya Nuraeni, S.Pd., M.Pd; Ita Suryaningsih, S. Psi., M.A.; Yusdarina, S.Si., M.Pd; Hj. Sri Maya, S.Pd., M.Pd; Rahmawati, S.Pd., M.Pd; Dr. Syahruddin M, S.Pd., M.Pd., Ph.D.; Irma Sakti, S.Pd., M.Pd; Ernawati, S.Pd., M.Pd; Syamsuriyawati, S.Pd., M.Pd; dan Rika Riyanti, S.Pd., M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *