Dosen Universitas Muslim Maros (UMMA) Syamsuriana Basri, S.Pd., M.Pd serta dua rekannya Sri Maya, S.Pd., M.Pd dan Irsan, S.Pd., M.Si  beserta 3 orang mahasiswa prodi pendidikan fisika mengadakan Pelatihan Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi)  Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang didanai sepenuhnya oleh DRPM RistekBRIN Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus. Kegiatan ini dilaksanakan  secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam program kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) ini, dilaksanakan 4 jenis pelatihan yakni pelatihan pembelajaran praktikum berbasis simulasi, pembelajaran praktikum berbasis animasi, pelatihan penguplodan media pembelajaran pada  chanel youtube serta pemberian materi terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran praktikum IPA. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juni 2021 di AULA SMP Negeri 1 Bungoro Pangkep melibatkan guru-guru IPA SMP di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang tergabung dalam MGMP IPA kabupaten pangkajene dan kepulauan. Dalam pelatihan tersebut guru-guru IPA SMP sangat antusias dalam menerima materi terlihat dari kontribusi peserta dalam mempresentasikan produk media pembelajaran yang telah dibuat selama menerima materi dalam pelatihan.

Melalui kegiatan PKMs ini, diharapkan dapat memotivasi guru MGMP IPA di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan untuk tetap melakukan praktikum meskipun secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yakni media simulasi dan animasi sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *